Jumat, 30 Juni 2017

Test jarak syma X8S series setelah modifikasi remote

     Karena banyak yang tanya setelah modifikasi remote seberapa jauh jangkauanya, dan banyak yang gagal memodifikasi remote jenis ini. bahkan setelah melakukan modifikasi jangkauanya hanya 10meter saja. Karena terkendala waktu saya tidak dapat melakukan test range juga karena tidak ada tempat yang luas untuk melakukan test range, akhirnya saat liburan saya sempatkan untuk membuat video test range remote syma setelah saya modifikasi.
Awalnya saya merekam dengan cara menaikan drone sekitar 5-7meter (diatas pohon) kemudian mengarahkan drone kearah yg jauh, akan tetapi di dalam video drone tidak kelihatan, karena kamera yg saya gunakan hanya kamera HP jadul saja. Akhirnya saya rubah metodenya dengan cara drone saya diamkan di tempat, sedangkan remote yg bergerak menjauh.

Berikut ini video tes jangkauan remote, dengan jarak sama ketika saya terbangkan dronenya.


Di video, drone saya pegang dengan kondisi telah di binding dengan remote, kemudian remote saya jauhkan dengan jarak sama ketika saya terbangkan droneya, kemudian trotle di naikan untuk mengecek respon dronenya.
Dengan google maps saya ukur, jaraknya kurang lebih 300meter
Kemudian saya cek jangkaunya dengan jarak yang lebih jauh lagi. Metodenya saya rubah sedikit. Drone sudah di binding dengan remote kemudian drone di nyalakan (motor berputar), remote di bawa menjauh, dan di lihat sampai mana drone mati. Jadi ketika drone mati, saya memberikan tanda dengan cara menurunkan drone ketika drone mati, sehingga si pembawa remote tau posisi dimana dronenya mati.

dengan google maps jarak kurang lebihnya sekitar 400meter
Jika kondisi udara (kondisi drone terbang) kemungkinan jarak dapat berbeda, hal ini di karenakan adanya faktor tingginya drone terbang, faktor angin, juga faktor orientasi drone juga berdampak pada antena (polaritas antena) karena jika antena remote tidak sejajar maka daya pancar/daya tangkapnya akar berkurang.  





6 komentar:

  1. Kalo yang gagal jarak cuman 10mtr itu knpa? Apa salah solder,atau gimana gan?

    BalasHapus
  2. Banyak faktor yg dpt mengakibatkan jaraknya cuman 10mtr. Harus di cari penyebabnya. Bisa jadi karena faktor salah modifikasi,faktor lingkungan atau mngkin faktor yg lainya.

    BalasHapus
  3. Gan ini test nya setelah remote di naikan dayanya?

    BalasHapus
  4. Test jarak ini sya lakukan sebelum modifikasi dengan menaikan daya. Hanya modifikasi antena remote saja.

    BalasHapus
  5. mas ini saya mau tanya lagi, apa hanya tp link yg bisa digunakan untuk remot x8sw,? saya ada antena bekasni, FIBERHOME, Apakah itu bisa digunakan diremot x8sw, makasih sebelumnya mohon sarannya

    BalasHapus
  6. Antena bekas router indihome bisa di pakai untuk modifikasi remote drone syma x8sw. Karena frekuensinya sama² di 2.4Ghz.
    Silahkan di coba..

    BalasHapus