Senin, 15 Mei 2017

Modifikasi Remote Control Drone Syma X8SC / X8SW / X5UC / X5UW

      Berawal dari diminta tolong temen modifikasi remote drone syma miliknya. Dan berlanjut dengan teman yg lain meminta tolong untuk memodifikasi remote dronenya membuat saya memiliki ketertarikan terhadap mainan ini. Akhirnya saya putuskan untuk membeli drone syma X8SC untuk mengobati rasa penasaran dengan drone. karena di rasa jangkauanya kurang jauh, kemudian saya putuskan untuk memodifikasi remote drone ini, karena bentuknya sangat berbeda dengan model sebelumnya sempat agak ragu juga, tapi dengan rasa penasaran yang besar akhirnya di eksekusi juga. :-)
Buka casing dengan membuka semua bautnya.


antena bawaanya hanya kabel seperti ini.
Lepas kabelnya, kemudian ganti dengan kabel pigtail
Lubangi remote bagian belakang, sesuaikan dengan lubang pigtail, kemudian pasang pigtailnya.
pasang kembali board remotenya.
pasang baut, kemudian solder bagian menuju baterai. pasang kembali casing depanya.
Remote sudah selesai di modifikasi.
Untuk melihat hasil tes seberapa jauh jangkauan remote setelah di modifikasi silahkan kunjungi link berikut Test jangkauan remote drone setelah di modifikasi

UPDATE 

       Karena di rasa dengan memodifikasi antena saja jangkauan jarak masih kurang maksimal, perlu dilakukan modifikasi lain. Modifikasi ini dengan cara menaikan voltase untuk catu daya remote. Defaultnya remote syma tipe ini menggunakan 4 buah bateray ukuran AA, jika di jumlah keluaran voltasenya adalah 6 Volt. Disini akan di modifikasi agar input voltaseya menjadi 9volt. Menaikan voltase ini tujuanya adalah untuk menaikan daya pancar oscilator RF di dalam remote, sehingga jangkauanya menjadi lebih jauh dari sebelumnya. 
        Ada banyak cara untuk merubah tegangan voltase dari 6volt menjadi 9volt. Cara yang mudah adalah menambah baterainya, dari 4buah menjadi  6 buah, dengan cara menambah dudukan baterai di bagian belakang remote. Seperti di bawah ini.
 Cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan mengganti baterai ukuran AA ke baterai 9volt bentuk kotak,
Tapi cara seperti di atas akan merubah bentuk remote drone, sehingga kelihatan tidak rapi. Saya memiliki cara lain yang saya anggap lebih rapi. Cara yang saya gunakan adalah dengan cara menaikan daya dari 6volt menjadi 9 volt dengan modul Step-Up.
Dengan ukuran yang sangat kecil, dapat masuk di dalam remote dan ada perubahan bentuk di luar remote. 
buka remote dan potong jalur pcb sesuai dengan petunjuk
Sebelum memasang modul, sebaiknya sesuaikan dulu keluraan otputnya menjadi 9 volt, dengan cara memberi arus 6 volt di input dan di ukur di jalur out menggunakan multimeter. Putar potensio kecil di modul (warba biru) sampai keluaran outputnya 9 volt.
Setelah keluaranya sudah 9 Volt, selanjutnya pasang kabel menuju modul step up, sesuai petunjuk di gambar di atas ya.. Warna kabel yang di gunakan hanya sebagai penanda saja.

Kabel hitam langsung disolder ke konektor baterai di jalur (-)

Solder kembali jalur (+) dan (-) baterai sesuai dengan semula.
Masukan baterai

berikut hasil test menggunakan multitester di jalur baterai aslinya, input 5.93Volt
Hasil test di jalur out modul step-up menjadi 8.92Volt
Rapikan kabel, bila perlu potong dan solder kembali, sehingga lebih rapi.
 
Lakban modul, sehingga tidak goyang atau bergerak di dalam remote

Pasang kembali cover remote dan remote sudah siap di gunakan kembali.

55 komentar:

  1. om klo kabel pigtail carinya di mana ya ?

    BalasHapus
  2. Pigtail bisa pakai bekas router, atau bisa beli. Online shop banyak kok yg jual, cari aja di tokopedia atau bukalapak pasti ada.

    BalasHapus
  3. sepertinya itu agan pakai ex router speedy ya, saya punya tu om, semua bisa di hibahkan ke remotet itu ya, jadi bahan2 udah komplit.

    BalasHapus
  4. saya juga pemakai x8sw gan, klo motor kita ganti brushles, ada tutornya gak gan ?

    BalasHapus
  5. bisa di maksimalkan dari barang bekas om.. hehhehehe....
    Untuk brushless, sepertinya sama dg tipe syma X8 lainya.mungkin hanya sedikit berbeda di letaknya di boardnya. Saya sendiri juga belum sempat coba om, karena tidak ada dana lebih untuk beli partnya, terlebih saya juga pemula di dunia drone.

    BalasHapus
  6. Itu berpungsi tutor berfungsi x5uc ya..apakah tambah jauh jarak terbangnya atau hilang daya sinyal

    BalasHapus
  7. secara fisik bentuk sama, harusnya bisa juga untuk remote syma X5UC. Setelah modifikasi antena, saya blm berani terlalu jauh nerbanginya, karena memang sya masih pemula. Biasanya Saya terbangin drone di Tugupahlawan surabaya yg penuh dg interferensi sinyal wifi, jarak sebelum modifikasi sekitar 30-50meter sudah susah di kendalikan dronenya, kadang malah lost signal dan jatuh. Setelah di modifikasi jaraknya bertambah, belum berani coba jauh2 sih, sekitar 100meter. Lebih dari itu belum coba, karena lokasinya di tengah kota, takutnya kalo terbawa angin atau lost signal bisa jatuh di jalan raya.hehehe..

    BalasHapus
  8. Mas mahendra saya barusan beli antena penangkap wifi 150mbps (TP-LINK) saya juga blum rakit partnya..apakah antena saya itu bisa jarak 100m..tolong dibantu

    BalasHapus
  9. Untuk jarak, saya tidak dapat menentukan, sampai berapa meter maksimalnya. Karena banyak faktor yg mempengaruhinya. Besarnya Gain antena, Pemasangan pigtail, interferensi signal, polaritas antena juga mempengaruhi jarak jangkau tramit & receivenya..

    BalasHapus
  10. Trus yg baik menurut anda pemasangan syma x5uc dgn antena atau pigtail bagaimana?

    BalasHapus
  11. tidak ada trik khusus sebenarya untuk pemasangan pigtail di remote syma tipe ini, karena saya sendiri bukan ahli di bidang elektronika. Hanya saja di butuhkan keberanian mencoba saja untuk pasang (solder) pigtailnya ke board remote. Intinya kabel pigtail yg di pakai hanya kabel positif saja, untuk kabel negatifnya tidak di pakai. Saran saja, kalau tidak yakin dg pemasanganya, antena bawaan (kabel kecil di dalam remote) tidak usah di lepas, dan kabel pigtail bisa di solder langsung ke jalurnya. Jadi nanti pakai antena dobel. 1 antena bawaan yg berupa kabel, dan 1 lagi antena dari pigtail. Besarnya gain antena juga dapat mempengaruhi jaraknya, semakin besar gain kemungkinan besar juga semakin jauh jangkauanya. Antena yg standart biasanya ukuran gainya 3dbi dan 5 dbi. ada juga gain yg lebih besar lagi, bisa di cari di toko networking atau bisa di toko online.

    BalasHapus
  12. Saya sudah mengganti kabel antena dgn kabel pigtai dan antena 4db. Namun jarak terbangx hasil sama bos..ada cara lain gak

    BalasHapus
  13. bisa di coba, di drone juga di pasang pigtail+antena. Kalau masih tetap, perlu di cek lebih teliti lagi.

    BalasHapus
  14. Mas hendra punya pigtail dan antena 5db

    BalasHapus
  15. Kabel serabut diapakan ya bos?ap dipotong aj ga usah disambung di kabel hitam yg grd?sy sdh coba tetapi jangkauanc malah jadi cuma 10m...itu knp ya?

    BalasHapus
  16. @Koji Ghast. Sya ga jualan mas. Mungkin bisa beli di toko networking atau bisa beli secara online.

    BalasHapus
  17. @Aank abasa. Kalau saya,kabel serabut asli sya lepas. Jika kurang yakin,antena asli (kabel serabut) ga usah di lepas.Kemudian kabel pigtail yg saya pakai hanya kabel positifnya saja (kabel tengah).minggu dpn Akan saya uoload video test jaraknya.

    BalasHapus
  18. Mas, ada kontak WA/line tdk? Saya mau tanya2 lbh lanjut

    BalasHapus
  19. @Daffa Kurniawan, bisa WA ke 0852 3648 10 33

    BalasHapus
  20. hasilnya skg gimana gan setelah di ganti antenanya,punya agan..? lebih jauh jarak terbangnya?

    BalasHapus
  21. untuk test range bisa kunjungi link ini
    http://blog.madalabs.com/2017/06/test-jarak-syma-x8s-series-setelah.html

    BalasHapus
  22. Gan bukannya kabel yg serabut jg harus disolder jg tp ngga tau mesti disolder dimana, karena ditutorial youtube kabel inti dan serabut mesti dipisah ngga boleh nempel dan harus di solder jg diboardnya kabel serabut

    BalasHapus
  23. Untuk remote tipe ini jalurnya hanya 1 gan. Kabel serabut bisa di sambungkan ke ground(negatif) di pcb. Bisa di cari menggunakan avo atau lgsg bisa ke bagian negatif baterai. Tapi ati2 ya gan,jgn smp gabung kabelnya antara negatif dan positifnya antena.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Bisa di pasang di syma x5uw juga...sdh aku coba dan jaraknya +200m vertikal. Kl cari antena 5 dbi di pasar loak gembong surabaya banyak. beli routernya speedy aja alu lepas antenanya murah kok cuma Rp.5rb... soalnya kl di hi-Tech mall sdh gak ada yg 5 dbi. adanya 8 dbi.

    BalasHapus

    BalasHapus
  26. Untuk horizontal bagaimana?apa sudah di coba?
    Karena sya blm pernah terbang terlalu tinggi,takut angin.😁

    BalasHapus
  27. Gan kalao syma x8s bisa pakai remote syma x8 yang sebelumnya ga? Maaf oot

    BalasHapus
  28. Untuk remot bisa pakai remot syma x8H series. Yg trothle kanan balik ketengah (altitude hold). Saya sudah coba & hasilnya lebih jauh daripada remote bawaan x8s series.

    BalasHapus
  29. Oh yah gan 1 lagi, pas waktu daya remote di naikan apakah cepat panas gak tuh komponen di dalam remote? Makasih byk yah gan :)

    BalasHapus
  30. untuk 9volt, masih aman. saya dan temen2 pengguna syma sudah menggunakan trik seperti ini.

    BalasHapus
  31. Gan maaf mau tanya, pas udah upgrade antene (blm upgrade baterei) dpt brp meter?

    Ane udh upgrafe antene cuman jaraknya 130meter udh lost. Rencana mau di upgrade baterei nya menggunakan step up module seperti yg agan bilang

    BalasHapus
  32. Jarak trgantung banyak faktor. Salah satunya faktor interferensi lingkungan.
    Di area Tugupahlawan surabaya, setelah upgrade antena, jarak ga bisa mencapai 100m. Mentok di antara 70-80meter aja. Tapi saya coba di area sawah di desa, jarak bisa mencapai 300meter.
    Untuk modifikasi baterai, saat ini sya blm sempat tes terbang,karena bnyk kesibukan.Next time jika ada waktu tes jarak terbang, akan sya infokan

    BalasHapus
  33. apakah Anda memiliki video dengan modded 9v controller?

    BalasHapus
  34. Video proses perakitan tidak ada. Hanya bisa dokumentasi foto saja,karena tidak ada kamera untuk video

    BalasHapus

  35. Sudahkah kamu mencoba terbang tinggi dan tidak lepaskan?

    BalasHapus
  36. Saya Belum pernah terbang tinggi. Hanya terbang jauh saja

    BalasHapus
  37. Gan..semisal remotr SW pke remote HW bsa gak ya?ap.perlu sdikit mod?

    BalasHapus
  38. Remot X8SW dan X8HW bisa lgsg di pakai tanpa ada modifikasi.

    BalasHapus
  39. Gan kalau hanya tambah batre dr 4 jd 6 apa aman / tetap perlu modul?

    BalasHapus
  40. Kalau baterai 6, berarti tidak perlu memakai modul step up lagi.
    Selama ini aman² saja pakai tegangan 9volt.

    BalasHapus
  41. mas, ap videonya ud diupload,? trus hasilnya gimana apa bertambah,

    BalasHapus
  42. Video tes jarak terbang bisa di lihat di http://blog.madalabs.com/2017/06/test-jarak-syma-x8s-series-setelah.html

    BalasHapus
  43. wah keren, makasih as, sangat bermanfaat ini, sekian lama nyari tutor x8sw, dsni baru nemu,

    BalasHapus
  44. Drone visuo ku rencana mo tk up antena tp link. Dan batre remot cuma da 3 biji. Apakah bisa jauh lagi ga gan?

    BalasHapus
  45. Selain syma sya blm pernah coba, jadi sya tidak dapat pastikan.

    BalasHapus
  46. Mas, klo untuk remote x8 pro apakah sama untuk cara upgrade nya

    BalasHapus
  47. Untuk syma X8 Pro. Belum pernah coba saya. Tapi untuk tekniknya kurang lebih sama.

    BalasHapus
  48. Mas saya sudah coba mod tapi kabel serabut sama kabel tengah saya solder jadi 1 malah jaraknya cuma 5-10 meter aja apa ada yg salah mohon pencerahannya

    BalasHapus
  49. Salam gan, kalo di tambah antena klasik/antena radio apa kira bisa nambah jarak?
    Sy pakai 8pro.
    Klo baterai pengin cb bat powerbank 3.7x2

    BalasHapus
  50. Untuk antena teleskopik radio FM,sya blm pernah coba. Secara teori, antena teleskopik ini penggunaanya kurang cocok di frekuensi 2.4Ghz. tetapi seacara prakteknya belum tentu akan menjadi lebih buruk. Karena banyak faktor yg mempengaruhi.
    Jadi ya harus di coba dulu kalau mau tau hasilnya.. ����. Setelah di coba mungkin bisa di share disini.

    BalasHapus
  51. Nyambung kmrn.
    Iya om antena itu cocok untuk frekuensi FM. Masalah volt dinaikkan kok nurut sy ndak pengaruh. Sb td lihat jalur plus lewat saklar lgs ke Tr. Berarti ada stabil pakai Tr. Berapa pun input output nya akan sama. Tp ndak lihat detail skema nya. Yg pasti sy sdh upgade pakai bat 7, 4. Bisa charge. Terima kasih.

    BalasHapus
  52. Setiap remote memiliki skema yg berbeda. Maka dari itu tidak semua remote bisa menggunakan trik ini.
    Saya sendiri kurang begitu paham ttg elektronika.. hehehhe.. tapi perlu dilihat dulu,karena setau saya, transistor (TR) tidak ada yg dpt membatasi tegangan. biasanya untuk membatasi tegangan dingunakan IC regulator, misal tipe 1905,1909,atau tipe lainya. Atau bisa menggunakan dioda tipe zener. CMIW. Karena saya kurang begitu paham ttg elektronika..

    BalasHapus
  53. om di pigtail itu kan ada dua kabel ya, sedangkan di remote cuma ada satu, itu kabel pigtailnya dua2nya disolder di satu lobang di remote?

    BalasHapus
  54. Kabel di tengah aja yg di solder. Kabel pinggir di biarkan saja. Atau bisa disolder ke bagian negatif baterai.

    BalasHapus