Selasa, 04 Juni 2013

men-tunning (menyetem) gitar dengan ponsel android

Men-tunning GITAR ala Android

                                                     ( aplikasi android untuk tuning gitar )
       Seperti yang telah kita ketahui, ada beberapa teknik tuning gitar. Teknik itu antara lain dengan menggunakan tunner elektronik, yaitu alat elektronik yang dapat memantau dan menganalisis suara petikan senar gitar, dan di cocokan dengan suara standart gitar. Fitur tuning ala elektronik ini biasanya juga terdapat pada gitar effect elektronis.tentunya alat tuning elektronik ini memiliki harga yang sebanding dengan kegunaanya (mahal ;red).
          Teknik lain yang sering di gunakan yaitu dengan senar/string lain sebagai tuner, cara ini sangat sulit bagi pemula, karena memerlukan ketelitian yang lumayan, kalau kurang teliti pasti hasil tuningnya gak akan  sesuai dengan standartnya.

        Teknik yang mudah dan murah yaitu dengan menggunakan tuner peluit (Tuning Whistle). Tuner peluit ini sangat mudah di gunakan, kita cuma meniup tuner ini dan mencocokan dengan senar gitar kita. Tuner jenis ini cukup mudah di dapatkan di toko alat music dan harganya juga terjangkau, sekitar 15-25ribu saja. Namun selain dengan metode yang di sebut di atas kita dapat menggunakan ponsel android kita,atau juga tablet android sebagai tuner gitar, Metode dengan aplikasi android ini sama dengan tuner peluit, namun kita tak perlu meniup :-) kita hanya men-tap (menyentuh) chord di aplikasi dan akan keluar suara untuk di tune (di cocokan suaranya) dengan gitar kita.
       Download Aplikasi Guitar tuner dan lakukan install di android anda, selanjutnya buka aplikasinya dan selamat men-tuning gitar anda. :-)


0 komentar:

Poskan Komentar