Sabtu, 20 Juli 2013

Servis Axio Neon NHM

Servis Axio Neon NHM

               Beberapa saat lalu dapat "pasien" Axio Neon series dengan model NHM, keluhan dari si empunya laptop performanya sangat lamban. Memang  benar setelah saya nyalakan, pada start up bnyk sekali services yang berjalan hal ini sangat mempengaruhi kinerja laptopnya. Dengan harapan mempertahankan Operating System Bawaan laptop saya coba mendisable semua service di start up, namun tidak mampu memaksimalkan kinerjanya. Semakin lama Using CPU semakin naik hingga 100%, ternyata hal ini di karenakan suhu prosesornya tinggi sekali. Next step, segera saya cek kondisi prosesornya kemungkinan fan (kipas) headsink tidak bekerja secara normal.
ternyata benar, fan prosesor dalam kondisi kotor sekali sehingga putaranya tidak maksimal, dan thermal paste menjadi kering karena headsink sudah tidak mampu mendiginkan suhu prosesor saat di gunakan. 


untung saja fan prosesor masih bisa bekerja baik setelah di bersihkan, sehingga tidak perlu melakukan replace fan prosesor yang di pasaran harganya lumayan,kadang untuk beli fan prosesor masih perlu inden dulu di servise center resminya. 

sebelum memasang headsink ke prosesor harus di lapisi dengan thermal paste terlebih dahulu,agar panas yang di hasilkan prosesor dapat berpindah dengan baik ke headsink dan di dinginkan oleh fan.

Karena ada permintaan dari si empunya laptop untuk upgrade Operating System ke Windows 8, maka saya langsung install windows 8 di laptop axio neon series ini.


               Semua berjalan lancar tanpa ada kendala yg berat, laptop juga menjadi lebih ringan dengan temperatur prosesor yang normal, dan dengan operating system yang fresh. Alhamdulilah.... saatnya bikin NOTA :D




0 komentar:

Poskan Komentar