Selasa, 03 Mei 2016

VPN sebagai alternatif pengganti layanan DDNS

   
       Sebelum membahas mengenai VPN sebagai alternatif pengganti layana DDNS, perlu diketahui apa yang dimaksud dengan DDNS.  DDNS (Dynamic DNS) ADALAH sebuah sistem dalam jaringan yang memungkinkan untuk menerjemahkan nama domain ke IP Public yang dinamis (berubah-ubah). Konfigurasi sistem seperti ini banyak dilakukan oleh ISP yang memberikan layanan internet dengan konfigurasi IP Dynamic, sehingga administrator tidak perlu mengupdate DNS-server setiap kali ada permintaan pemetaan IP. Secara singkat layanan DDNS ini dapat memberikan koneksi secara langsung kedalam jaringan yang memiliki IP yang dinamis ( IP tidak tetap) dengan cara mengkonversi ip address yang dinamis menjadi sebuah domain yang tetap.
    Secara umum layanan DDNS ini dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti akses web server di jaringan lokal seingga dapat di akses melalui jaringan internet, akses CCTV di jaringan lokal sehingga dapat di akses di jaringan internet, mengakses router dalam jaringan lokal melalui internet dan keperluan lainya yang tidak terbatas.
    Walaupun pada prinsipnya cara kerja VPN dan DDNS berbeda, namun layanan VPN tidak mustahil dapat juga melakukan fungsi-fungsi yang terdapat dalam layanan yang di berikan DDNS. Fungsi seperti mengakses web server dalam jaringan lokal di jaringan internet, akses CCTV di jaringan internet dan juga fungsi lainyapun dapat dilakukan dengan layanan VPN ini. Perbedaan yang mendasar pada layanan ini adalah pada layanan DDNS perlu jeda waktu untuk membaca ip address pada client untuk di kirimkan ke DDNS servernya, hal ini mengakibatkan adanya keterlambatan respon apabila client DDNS berubah IP addressnya, berbeda dengan layanan VPN, dimana server VPN tidak perlu mengakses IP publik milik client. Semua trafict akan melalui internet dengan menggunakan "jalur" tunnel khusus yang sudah terenkripsi, sehingga pengiriman data akan lebih aman.
    Walaupun VPN dapat mengganti peran DDNS, namun hal ini hanya sebagai alternatif saja, dimana masing-masing layanan memiliki tingkat kepraktisan yang berbeda. Hal ini berhubungan dengan cara seting layanan. Untuk menggunakan layanan VPN diperlukan tingkat kemahiran yang cukup, berbeda dengan menggunakan layanan DDNS yang lebih praktis dan dapat di lakukan dengan banyak router/modem yang telah mendukung layanan ini.
- See more at: http://www.madalabs.com/2016/04/vpn-sebagai-alternatif-pengganti.html#sthash.3Cile6r3.dpuf

0 komentar:

Poskan Komentar