Senin, 26 September 2016

Web Server di genggaman tangan



         Kemajuan teknologi di bidang IT memicu banyak kemudahan. Kemudahan-kemudahan yang di tawarkan sangat beragam, sehingga dapat membantu aktivitas keseharian manusia di berbagai bidang, dari kemudahan dalam aktivitas sehari-hari hingga aktivitas dalam bidang lainya. dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai membangun webserver di dalam perangkat android. timbul pertanyaan, apakah bisa android di gunakan sebagai webserver? tentu  saja bisa, saat ini telah ada pengembang aplikasi berbasis Android yang membuat aplikasi yang dapat menjalankan web server berbasis PHP dan MySQL.
      Aplikasi web server ini memiliki fitur beragam, mulai dari pembuatan web-server, DNS-server sampai ftp-server Atau bahkan ada yang bisa sudah bisa menjalankan PHP, MySQL dan PHPMyAdmin dalam perangkat Android. Dengan aplikasi web server tersebut kita seolah kita dapat membawa webserver kemana saja dalam genggaman tangan. Aplikasi web server pada android menggunakan Lighthttpd, server yang didesain khusus untuk perangkat yang memiliki spesifikasi rendah seperti perangkat Android yang rata-rata memiliki spesifikasi standar. Dengan begitu server yang berjalanpun tidak terlalu memakan memory dan tidak membuat battery boros. Namun dengan berbagai kemudahan yang di tawarkan, web server yang di bangun dengan android ini memiliki keterbatasan, keterbatasan ini di karenakan perangkat android sendiri memiliki spesifikasi yang sangat rendah di bandingkan dengan web server yang sebenarnya. Keterbatasan spesifikasi hardware ini mengakibatkan android hanya dapat di gunakan sebagai web server dengan jumlah client yang terbatas saja. 
     Beberapa aplikasi web server yang dapat di gunakan di android antara lain adalah Palapa Web Sever, kWS-Android Web Server, KSWEB – server + PHP + MySQL , Bit Web Server (PHP,MySQL,PMA) ,Web Server Ultimate, dan Servers Ultimate. Aplikasi-aplikasi tersebut adalah versi free, namun ada fitur berbayarnya, sehingga pengguna dapat memanfaatkan banyak fitur di dalamnya.Bagaimana? ingin mencoba membangun web server dengan perangkat android anda? silahkan mencoba beberapa apilkasi tersebut dan anda dapat membawa web server kemana saja di genggaman anda. 

0 komentar:

Poskan Komentar