Selasa, 18 April 2017

Auto Script install VPS Centos untuk server SSH

Karena sedang viral koneksi internet dengan menggunakan media SSH Tunneling, dan karena banyak permintaan temen-temen baik di group dan teman yang baru kenal dari sosial media untuk memberikan tutorial membangun server ssh, maka saya coba buatkan auto script sekedar untuk membatu temen-temen yang ingin membangun server ssh sendiri, terutama untuk teman-teman yang masih awam mengenai cara install server SSH. 
Sebelum menginjak ke pembahasan cara install server ssh, perlu di ketahui terlebih dahulu apakah SSH itu?. Secara garis besar SSH atau Secure Shell adalah salah satu cara untuk mengamankan data komputer Kita ketika Kita mengakses internet bahkan ketika melakukan transaksi data dalam sebuah jaringan. Sebelumnya mungkin Kita pernah mengenal rcp atau remote connection, telnet, dan semacamnya. SSH melakukan prosedur yang hampir serupa dengan metode remote connection konvensional, bedanya, SSH melakukan enkripsi terhadap data yang ditransmisikan.
Dari uraian diatas saja sudah jelas bahwa manfaat ataupun kegunaan menggunakan akun SSH adalah meningkatkan keamanan data pada komputer Anda ketika mengakses internet, karena dengan adanya Akun SSH sebagai perantara koneksi internet Anda, SSH akan memberikan enskripsi pada semua data yang terbaca, baru mengirimkannya ke server lain. Selain dapat melakukan enskripsi data, SSH juga memiliki kemampuan melakukan Port Forwarding yang mana memungkinkan kita mendapatkan manfaat sebagai berikut ini:
  1. Melakukan koneksi aplikasi TCP (misalnya : webserver, mail server, FTP server) dengan lebih secure (aman)
  2. Melakukan koneksi dengan membypass (melewati) firewall atau proxy setempat.
Perlu diketahui juga, menggunakan Akun SSH untuk tunneling koneksi internet Anda memang tidak menjamin meningkatkan speed internet Anda. Namun dengan menggunakan Akun SSH, otomatis IP yang Anda gunakan akan bersifat statis dan dapat Anda gunakan secara privat dengan catatan hanya Anda lah user dalam Akun SSH tersebut. 
Tujuan koneksi internet dengan menggunakan koneksi SSH ini sebenarnya bermacam-macam, yang utama adalah mengamankan data kita jika sedang terkoneksi internet, namun beberapa orang yang expert di bidang networking dapat memanfaatkan koneksi ssh ini untuk melakukan spoofing firewall pada jaringan internet yang tujuanya adalah untuk membypass billing internet provider. Mengenai hal ini saya tidak akan membahas lebih panjang, karena saya tidak berkompeten di bidang tersebut.

Nah, dengan uraian udah pahamkan apa itu ssh juga fungsi ssh. Untuk install server ssh di OS Centos yaitu dengan menggunakan putty, silahkan download putty di pc, connectbot atau juicessh di android, juga bisa dengan software/aplikasi  lainya yang serupa.
Lakukan login ke server centos kemudian ketikan perintah berikut, untuk melakukan update dan install wget+nano :
wget sembahrasa.com/auto/centos/autoinstallmada.sh
chmod +x autoinstallmada.sh
sh autoinstallmada.sh

Jika ada pertanyaan Y/N, ketikan huruf Y saja, kemudian enter.
lanjutkan dengan opsi YES seperti di atas jika meminta konfirmasi lagi.
tunggu hingga prosesnya selesai, di tandai dengan adanya tulisan "FINISH" seperti di bawah ini
kemudian reboot server dengan mengentikan perintah
reboot

dengan auto script tersebut secara otomatis server akan terinstall
1. badvpn dengan udp port 7300
2. webmin dengan port 10000
3. dropbear dengan port 443 dan port 109
4. user monitor dropbear login,dengan perintah "sh login 443"
5. OpenSSH dengan  port 22
6. speedtest dengan perintah "python test.py --share"

untuk cara membuat akun ssh dan lainya akan saya bahas di posting selanjutnya.
bagi temen-temen yang ingin belajar atau ingin mengajari saya mengenai VPS atau hal lainya, silahkan tinggalkan komentar ya. :-)
saya akan bantu juga untuk temen-yang ingin menyewa VPS untuk sekedar belajar, khususnya untuk mengkonversi mata uang rupiah menjadi dolar.

0 komentar:

Posting Komentar