Kamis, 15 Juni 2017

Modifikasi Baterai Syma X8 seri lama untuk syma X8SC/X8SW

    Karena Syma tipe X8SC dan X8SW adalah produk baru, sparepartnya saat ini sangat jarang di pasaran. Kalaupun ada, harganya lebih mahal di bandingkan dengan sparepart syma tipe X8 yg sebelumnya. Hal yang sangat terasa saat menerbangkan syma x8s series adalah baterainya, karena masih menggunakan 1 baterai bawaan saat pembelian saja, masih kurang puas menerbangkanya. Butuh lebih banyak lagi baterai agar dapat menikmati penerbanganya. 
Tapi, untuk baterai syma seri X8S ini sangat sulit di dapatkan di Indonesia. Selain itu harganya juga masih lumayan dibandingkan dengan baterai syma seri x8 lama. Saya coba cari di aliexpress harga masih antara $20, jika di rupiahkan antara 250-280rban.
Di Toko online lokal indonesia sebenarnya ada juga yang jual, tapi stoknya juga ga ready, harus nunggu beberapa minggu untuk mendapatkan produk tersebut.


Karena harus menunggu stok ready kembali, atau harus menunggu proses shipping dari aliexpress yang lama juga mahal, saya berfikir untuk mencoba memodifikasi baterai syma X8 seri lama untuk di gunakan di seri X8S series. Karena saya lihat spesifikasinya sama persis dan hanya berbeda di konektor dan rumah baterainya saja. Dengan harga sekitar 120rb saja saya sudah mendapatkan 1 baterai Syma model lama, lebih murah di bandingkan dengan model X8S.
yang di modifikasi adalah konektornya saja, konektor yg di butuhkan model sekun kuningan yang ukuranya cocok dengan konektor baterai di dronenya. Saya membeli di toko elektronik sekun kuningan dengan harga 5rb saja untuk 1pasang.
Pada intinya adalah memotong konektor yang terdapat di baterai, kemudian mengganti dengan konektor sekun kuningan seperti pada gambar di atas. Disarankan untuk melakukan proses solder untuk pemasanganya, agar kabel benar-benar melekat pada sekun. Jangan lupa untuk melapisi sekun dengan bahan isolator, untuk mengurangi resiko konsleting. Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini

Polaritas konektor baterai pada drone seperti ini.
Pemasanganya kurang lebih seperti ini
Drone bisa nyala dengan baik.






5 komentar:

  1. Gak ada converter connector baterai ke x8sw apa gan ?

    BalasHapus
  2. Kalo ke toko listrik, sekun nya ukuran berapa gan ?

    BalasHapus
  3. Converter saya kurang tau. Krn blm pernah coba cari.
    Sekun,ukuran sama dg sekun sekring motor/mobil.

    BalasHapus
  4. Terbang tanpa penutup selama ini aman kok. Asal hati² aja.

    BalasHapus