Kamis, 22 Agustus 2013

Acer Aspire 4315 LCD Bermasalah

Acer Aspire 4315 LCD Bermasalah

            Kali ini ane dapat pasien Acer Aspire 4315 yang memiliki masalah dengan tampilan LCDnya, saat di nyalakan LCD menampilkan gambar namun kadang hilang,kadang muncul, apabila flip LCD bergerak (membuka dan menutup) LCD semakin tidak menampilkan apapun. Kerusakan seperti ini dapat di akibatkan karena beberapa sebab, antara lain dikarenakan Chip VGA rusak, kabel flexibel LCD yang rusak, Inventer LCD yang rusak atau juga backlight yang rusak.
        Kerusakan yang terjadi pada chip VGA memang tidak bisa di perbaiki lagi,harus dengan mengganti motherboard,kerusakan di kabel fleksibel dapat di atasi dengan cara mengganti, kerusakan pada inventer biasanya apabila tidak dapat menemukan inventer yang sejenis di pasaran maka harus mengakali inventer yang berbeda agar dapat di pasang di laptop yang inventernya rusak, sedangkan kerusakan pada backlight tidak ada cara lain selain dengan cara "KANIBAL" karena backlight untuk LCD laptop memang sulit di temukan di toko,kalo menurut ane backlight LCD laptop memang tidak di perjual belikan.

         Dalam kasus ini ane coba menyalakan laptop, dan ternyata LCD tidak bisa menampilkan gambar dengan sempurna, banyak garis vertikal dan sering berkedip (Black Sreen). Untuk memastikan bahwa yang rusak bukan Chip VGA maka ane tancepin LCD PC ane ke output VGA laptop,di LCD PC tidak terjadi masalah apapun, namun di LCD laptop tetap bermasalah. Dengan demikian kesimpulan sementara menunjukan bahwa Chip VGA dalam kondisi bagus, dan masalah ada pada LCD Laptop.

Bongkar Laptop dan memisahkan antara LCD dengan MotherBoard.


Membuka Cover LCD
Ternyata yang rusak ada pada kabel fleksibelnya, kabelnya ada yang terjepit di engsel dan banyak yang putus.


Setelah ane ganti kabel fleksibelnya, masalah pada LCD hilang dan kembali normal seperti sediakala. :D

0 komentar:

Poskan Komentar