Kamis, 12 September 2013

Servis Tablet PC bootloop

Tablet PC bootloop 

              Kali ini ane dapat pasien tablet pc yang bootloop alias macet di boot screen. awalnya ni tablet di bawa ke tempat ane dengan kondisi ga bisa nyala, si pemiliknya bilang kalo ni tablet tiba-tiba mati dan ga bisa di nyalin lagi. Ane coba tanya ke pemiliknya terakhir ni tablet di gunain apa?maksudnya di gunain jalanin aplikasi apa ato abis install aplikasi apa?tapi sayang,pemiliknya makin bingung dengan pertanyaan ane .hahahahahha....terpaksa tanpa clue apa-apa ane perbaiki ni tablet.
             Langkah awal ane coba ngecas ni tablet selama 1jam,tapi tidak ada respon dari si bateray...ane coba cek voltase charger ternyata normal sesuai dengan speknya yang tertulis di body charger yaitu 9 Volt,walaupun ada lebihnya sekitar 0.34Volt :) . Lalu bongkar tablet buat cek bateray, tes voltase bateray ternyata hanya 2.37volt,pantesan aja ni tablet ga bisa nyala. Biar ngecas bateray lebih cepet ane langsung konekin bateray ke cas tanpa tablet, setelah 30 menit voltase udah naek menjadi 7.25 Volt. Pasang kembali bateray ke tablet dan proses charging bisa berjalan, tablet juga sudah bisa nyala, tapi tablet ini hanya berhenti di boot screen saja.
           Ane perhatikan,ternyata tablet ini masih menggunakan OS android Froyo v.2.2 tapi masalahnya ni tablet merknya tidak jelas,di body tidak tercantum merk apapun yang ada hanya logo dan tulisan yang menurut ane itu bukan merk. :D ,  Dengan sedikit spekulasi ane upgrade ni tablet dengan Uberoid pake' Room acak, hanya untuk merepair bootloopnya saja saja selanjutnya ane mau liat model juga type tablet di systemnya biar selanjutnya bisa upgrade dengan type room yang sesuai.
Tanpa merk 
Masih menggunakan OS android V2.2 Froyo


  
List Room pada UBEROID



          Uberoid udah berhasil di transfer di SD card, langsung ane eksekusi di tablet,prosesnya lancar (dalam hati seneng). Mulai dari 0% hingga 100% tidak memakan waktu terlalu lama hanya sekitar 5 menit saja, selanjutnya ada perintah untuk meremove (mencabut ) SD card dan tablet secara otomatis restart. Pada proses ini Tablet berhasil booting ditandai ada garis loading di bawah logo android, tapi berlangsung sedikit lama, dan akhirnya berhasil booting dan keluar tulisan UBEROID di screen Tablet. Sayang skenario ane gagal, ni tablet udah berhasil masik menu dan tidak bootloop lagi tapi touch screen tidak merespon apapun, dan lebih parahnya ni tablet ga ada port usbnya. Hadew.....ga bisa di coba pake mouse usb

         


Touch Screen tidak merespon
 
                 Kepusutan yang ane ambil ya install ulang lagi dengan nyoba satu persatu room sampai ketemu yang cocok, Huh lumayan memakan waktu kayanya nih, tapi ya memang satu2 cara yang ampuh hanya ini. Ane sortir dulu room mana yang harus di pake, ane pilih menurut besar screenya,karena tabletnya ukuran 7" Inch dan memakai red+green led maka room selain 7" Inch ga ane pake, room 7"inch yang blue led juga ga ane pake....mulai dari room angka 1,ternyata gagal,room angka 7 juga gagal,room angka 8 juga gagal, hampir saja putus asa, berhenti sejenak, ambil gelas sama air putih...minum air putih yang banyak :) selanjutnya mencoba room angka 9, hah terkejut sekali ketika touch screen merespon sentuhan jari ane.. :D langsung cek masuk menu dan ubek2 seting juga type.akhirnya normal dan kembali sehat tabletnya :D. Alhamdulilah.....tak perlu coba sampai ke room angka yang lebih besar buat install ni tablet :)
Touch Screen merespon

 Tamplan Home Screen Ala ICS

 Tamplan Menu

0 komentar:

Poskan Komentar